Persyaratan Pendaftaran Beasiswa Kaltim 2021 – Jenis Beasiswa Stimulan Siswa

1. Beasiswa Stimulan Siswa – Umum a. Prestasi Akademik
1) Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi atau Kementrian Agama            mengirimkan data satuan pendidikan yang akan diusulkan pada Program Beasiswa Stimulan.
2) Satuan pendidikan mengirimkan data peserta didik yang akan mendaftar Beasiswa Stimulan Siswa.
3) Sekolah terlebih dahulu mendaftarkan sekolah dan akunnya melalui laman beasiswa : sekolah-beasiswa.kaltimprov.go.id.
4) Sekolah mengusulkan daftar urut siswa/santri berprestasi secara akademik maksimal 10 orang setiap angkatan kelas melalui laman beasiswa : sekolah-beasiswa.kaltimprov.go.id.
5) Siswa/Santri dapat dibantu oleh sekolah/orang tua/wali untuk menginput nama sekolah, Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Siswa Nasional.
6) Siswa/Santri dapat dibantu oleh sekolah/orang tua/wali untuk mengunggah (upload) berkas ASLI sebagai syarat pendaftaran beasiswa, yaitu :
buku rekening aktif dengan nama yang sesuai dengan nama pendaftar beasiswa tersebut;
▪ surat pernyataan bermaterai cukup bahwa tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain. Format surat pernyataan dapat diunduh dari laman beasiswa; dan
▪ seluruh berkas yang dipersyaratkan pada formulir sesuai dengan ketentuan dan kategori.

b. Prestasi Non-Akademik

1) Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi atau Kementrian Agama mengirimkan data satuan pendidikan yang akan diusulkan pada Program Beasiswa Stimulan.
2) Satuan pendidikan mengirimkan data peserta didik yang akan mendaftar Beasiswa Stimulan Siswa.
3) Sekolah terlebih dahulu mendaftarkan sekolah dan akunnya melalui laman beasiswa : sekolah-beasiswa.kaltimprov.go.id.
4) Sekolah menginput data siswa/santri yang memiliki Sertifikat/Piagam/Penghargaan Kejuaraan resmi bidang pendidikan, olahraga atau seni minimal tingkat Kabupaten/Kota juara 1, 2 atau 3 yang diperoleh pada 2 tahun terakhir.
5) Siswa/Santri dapat dibantu oleh sekolah/orang tua/wali untuk menginput nama sekolah, Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Siswa Nasional.
7) Siswa/Santri dapat dibantu oleh sekolah/orang tua/wali untuk mengunggah (upload) berkas ASLI sebagai syarat pendaftaran beasiswa, yaitu :
buku rekening aktif dengan nama yang sesuai dengan nama pendaftar beasiswa tersebut;
▪ surat pernyataan bermaterai cukup bahwa tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain. Format surat pernyataan dapat diunduh dari laman beasiswa; dan
▪ seluruh berkas yang dipersyaratkan pada formulir sesuai dengan ketentuan dan kategori.

2. Beasiswa Stimulan Siswa – Khusus

a. Miskin
1) Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi atau Kementrian Agama mengirimkan data satuan pendidikan yang akan diusulkan pada Program Beasiswa Stimulan.
2) Satuan pendidikan mengirimkan data peserta didik yang akan mendaftar Beasiswa Stimulan Siswa.
3) Sekolah terlebih dahulu mendaftarkan sekolah dan akunnya melalui laman beasiswa : sekolah-beasiswa.kaltimprov.go.id.
4) Siswa dapat dibantu oleh sekolah/orang tua/wali untuk menginput nama sekolah, Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Siswa Nasional.
5) Siswa dapat dibantu oleh sekolah/orang tua/wali untuk mengunggah (upload) berkas ASLI sebagai syarat pendaftaran beasiswa, yaitu :
buku rekening aktif dengan nama yang sesuai dengan nama pendaftar beasiswa tersebut;
▪ kartu peserta Program Keluarga Harapan (PKH) atau surat keterangan miskin dari Kepala Desa/Lurah/Camat;
▪ surat pernyataan bermaterai cukup bahwa tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain. Format surat pernyataan dapat diunduh dari laman beasiswa; dan
▪ seluruh berkas yang dipersyaratkan pada formulir sesuai dengan ketentuan dan kategori.

b. Anak Berkebutuhan Khusus

1) Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi atau Kementrian Agama mengirimkan data satuan pendidikan yang akan diusulkan pada Program Beasiswa Stimulan.
2) Satuan pendidikan mengirimkan data peserta didik yang akan mendaftar Beasiswa Stimulan Siswa.
3) Sekolah terlebih dahulu mendaftarkan sekolah dan akunnya melalui laman beasiswa : sekolah-beasiswa.kaltimprov.go.id.
4) Siswa/Santri dapat dibantu oleh sekolah/orang tua/wali untuk menginput nama sekolah, Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Siswa Nasional.
5) Siswa/Santri dapat dibantu oleh sekolah/orang tua/wali untuk mengunggah (upload) berkas ASLI sebagai syarat pendaftaran beasiswa, yaitu :
buku rekening aktif dengan nama yang sesuai dengan nama pendaftar beasiswa tersebut;
▪ surat keterangan anak berkebutuhan khusus dari lembaga yang berwenang;
▪ surat pernyataan bermaterai cukup bahwa tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain. Format surat pernyataan dapat diunduh dari laman beasiswa; dan
▪ seluruh berkas yang dipersyaratkan pada formulir sesuai dengan ketentuan dan kategori.

c. Berasal dari daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T);

  • 1) Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi atau Kementrian Agama mengirimkan data satuan pendidikan yang akan diusulkan pada Program Beasiswa Stimulan.
    2) Satuan pendidikan mengirimkan data peserta didik yang akan mendaftar Beasiswa Stimulan Siswa.
    3) Sekolah terlebih dahulu mendaftarkan sekolah dan akunnya melalui laman beasiswa : sekolah-beasiswa.kaltimprov.go.id.
    4) Siswa dapat dibantu oleh sekolah/orang tua/wali untuk menginput nama sekolah, Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Siswa Nasional.
    5) Siswa dapat dibantu oleh sekolah/orang tua/wali untuk mengunggah (upload) berkas ASLI sebagai syarat pendaftaran beasiswa, yaitu :

    • buku rekening aktif dengan nama yang sesuai dengan nama pendaftar beasiswa tersebut;
    • surat keterangan yang menyatakan berasal dari daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T) dari Kepala Desa atau sebutan lain;
    • Surat pernyataan bermaterai cukup bahwa tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain. Format surat pernyataan dapat diunduh dari laman beasiswa; dan
    • seluruh berkas yang dipersyaratkan pada formulir sesuai dengan ketentuan dan kategori.

d. Anak/Cucu Veteran
1) Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi atau Kementrian Agama mengirimkan data satuan pendidikan yang akan diusulkan pada Program Beasiswa Stimulan.
2) Satuan pendidikan mengirimkan data peserta didik yang akan mendaftar Beasiswa Stimulan Siswa.
3) Sekolah terlebih dahulu mendaftarkan sekolah dan akunnya melalui laman beasiswa : sekolah-beasiswa.kaltimprov.go.id.
4) Siswa/Santri dapat dibantu oleh sekolah/orang tua/wali untuk menginput nama sekolah, Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Siswa Nasional.
5) Siswa/Santri dapat dibantu oleh sekolah/orang tua/wali untuk mengunggah (upload) berkas ASLI sebagai syarat pendaftaran beasiswa, yaitu :
buku rekening aktif dengan nama yang sesuai dengan nama pendaftar beasiswa tersebut;
▪ surat keterangan anak atau cucu kandung Veteran dari Legiun Veteran setempat;
▪ surat pernyataan bermaterai cukup bahwa tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain. Format surat pernyataan dapat diunduh dari laman beasiswa; dan
▪ seluruh berkas yang dipersyaratkan pada formulir sesuai dengan ketentuan dan kategori.

e. Anak Korban KDRT
1) Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi atau Kementrian Agama mengirimkan data satuan pendidikan yang akan diusulkan pada Program Beasiswa Stimulan.
2) Satuan pendidikan mengirimkan data peserta didik yang akan mendaftar Beasiswa Stimulan Siswa.
3) Sekolah terlebih dahulu mendaftarkan sekolah dan akunnya melalui laman beasiswa : sekolah-beasiswa.kaltimprov.go.id.
4) Siswa/Santri dapat dibantu oleh sekolah/orang tua/wali untuk menginput nama sekolah, Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Siswa Nasional.
5) Siswa/Santri dapat dibantu oleh sekolah/orang tua/wali untuk mengunggah (upload) berkas ASLI sebagai syarat pendaftaran beasiswa, yaitu :
buku rekening aktif dengan nama yang sesuai dengan nama pendaftar beasiswa tersebut;
▪ surat keterangan dari Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Prov. Kaltim;
▪ surat pernyataan bermaterai cukup bahwa tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain. Format surat pernyataan dapat diunduh dari laman beasiswa; dan
▪ seluruh berkas yang dipersyaratkan pada formulir sesuai dengan ketentuan dan kategori.

f. Penghafal Kitab Suci Alquran (Hafidz/Hafidzoh)

1) Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi atau Kementrian Agama mengirimkan data satuan pendidikan yang akan diusulkan pada Program Beasiswa Stimulan.
2) Satuan pendidikan mengirimkan data peserta didik yang akan mendaftar Beasiswa Stimulan Siswa.
3) Sekolah terlebih dahulu mendaftarkan sekolah dan akunnya melalui laman beasiswa : sekolah-beasiswa.kaltimprov.go.id.
4) Siswa/Santri dapat dibantu oleh sekolah/orang tua/wali untuk menginput nama sekolah, Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Siswa Nasional.

5) Siswa/Santri dapat dibantu oleh sekolah/orang tua/wali untuk mengunggah (upload) berkas ASLI sebagai syarat pendaftaran beasiswa, yaitu :
buku rekening aktif dengan nama yang sesuai dengan nama pendaftar beasiswa tersebut;
▪ sertifikat/Syahadah minimal 20 Juz dari lembaga terkait dan di legalisir Majelis Ulama Indonesia (MUI) Prov. Kaltim dan atau Kabupaten/Kota;
▪ surat pernyataan bermaterai cukup bahwa tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain. Format surat pernyataan dapat diunduh dari laman beasiswa; dan
▪ seluruh berkas yang dipersyaratkan pada formulir sesuai dengan ketentuan dan kategori.

g. Berdasarkan Pertimbangan Khusus
1) Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi atau Kementrian Agama mengirimkan data satuan pendidikan yang akan diusulkan pada Program Beasiswa Stimulan.
2) Satuan pendidikan mengirimkan data peserta didik yang akan mendaftar Beasiswa Stimulan Siswa.
3) Sekolah terlebih dahulu mendaftarkan sekolah dan akunnya melalui laman beasiswa : sekolah-beasiswa.kaltimprov.go.id.
4) Siswa/Santri dapat dibantu oleh sekolah/orang tua/wali untuk menginput nama sekolah, Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Siswa Nasional.

5) Siswa/Santri dapat dibantu oleh sekolah/orang tua/wali untuk mengunggah (upload) berkas ASLI sebagai syarat pendaftaran beasiswa, yaitu :
buku rekening aktif dengan nama yang sesuai dengan nama pendaftar beasiswa tersebut;
▪ surat pertimbangan khusus dari Gubernur dan/atau Wakil Gubernur;

▪ surat pernyataan bermaterai cukup bahwa tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain. Format surat pernyataan dapat diunduh dari laman beasiswa; dan
▪ seluruh berkas yang dipersyaratkan pada formulir sesuai dengan ketentuan dan kategori.

3. Beasiswa Stimulan Siswa – Sertifikasi

Siswa/Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)-Sederajat (maksimal lulusan 2 tahun yang lalu dan dibuktikan dengan Ijazah atau Tanda Lulus Sekolah), yang sedang mengikuti Sertifikasi Keterampilan di Lembaga Sertifikasi Profesi.
a. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi atau Kementrian Agama mengirimkan data satuan pendidikan yang akan diusulkan pada Program Beasiswa Stimulan.
b. Satuan pendidikan mengirimkan data peserta didik yang akan mendaftar Beasiswa Stimulan Siswa.

c. Sekolah terlebih dahulu mendaftarkan sekolah dan akunnya melalui laman beasiswa : sekolah-beasiswa.kaltimprov.go.id.
d. Siswa/Santri dapat dibantu oleh sekolah/orang tua/wali untuk menginput nama sekolah, Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Siswa Nasional.
e. Siswa/Santri dapat dibantu oleh sekolah/orang tua/wali untuk mengunggah (upload) berkas ASLI sebagai syarat pendaftaran beasiswa, yaitu :
buku rekening aktif dengan nama yang sesuai dengan nama pendaftar beasiswa tersebut;
▪ surat keterangan sedang mengikuti sertifikasi keterampilan dari sekolah dan/atau Lembaga penyelenggara sertifikasi;
▪ surat pernyataan bermaterai cukup bahwa tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain. Format surat pernyataan dapat diunduh dari laman beasiswa; dan
▪ seluruh berkas yang dipersyaratkan pada formulir sesuai dengan ketentuan dan kategori.

Baca Juga:

Alur Pendaftaran Beasiswa Kaltim 2021

1 Comment

Leave a Comment