Assalamualaikum Wr. Wb.

Dalam rangka penerimaan peserta didik baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2021/2022, tingkat Sekolah Dasar (SD) Kabupaten Penajam Paser Utara, maka dengan ini kami memberikan informasi kepada Calon Peserta Didik Baru mengenai Tata Cara/Alur Pendaftaran Siswa Baru di SDN 014 Babulu.

PPDB tahun 2021 ini dilaksanakan secara Online melalui website resmi PPDB Kabupaten Penajam Paser Utara untuk Jenjang SD dan SMP.

Adapun Alur Pendaftaran Peserta Didik Baru SDN 014 Babulu Tahun 2021:

  1. Calon Peserta Didik mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan sesuai persyaratan yaitu :
  • Zonasi : Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran (asli).
  • Afirmasi : KK Asli, Akte Kelahiran Asli, Kartu Keluarga Sejahtera/KKH/KIP, Surat Keterangan Tidak Mampu dari Dinas Sosial.
  • Prestasi : KK dan Akte Kelahiran (asli).
  • Mutasi : KK, Akte Kelahiran, SK Tugas dari Instansi.
  1. Calon Peserta Didik melakukan pendaftaran secara online di website sesuai jadwal.

Jadwal Pendaftaran :

    1. Pendaftaran Jalur Prestasi, Afirmasi, Perpindahan, Anak Kandung GTK : 21 – 25 Juni 2021
    2. Pendaftaran Jalur Zonasi : 29 Juni – 2 Juli 2021

Pengumuman Hasil Seleksi PPDB :

    1. Pengumuman Jalur Prestasi, Afirmasi, Perpindahan, Anak Kandung GTK : 28 Juni 2021
    2. Pengumuman Jalur Zonasi : 5 Juli 2021

Alamat Website Pendaftaran :

(Pilih salah satu dari web di atas)

Buka web di atas, gulir ke bawah dan Klik “Lanjut ke Pendaftaran

3. Calon Peserta Didik memilih pilihan Sekolah SD untuk Sekolah Dasar.

4. Calon Peserta Didik memilih sesuai Kategori Pendaftaran (Zonasi, Afirmasi, Prestasi, dan Mutasi)

    • Untuk Calon Peserta Didik yang berasal dari Desa Sebakung Jaya (RT. 01 – RT. 15), Klik pada pilihan Zonasi.

  1. Calon Peserta Didik mengisi Formulir Data Diri. Isikan Data Calon Peserta Didik sesuai dengan Identitas dan dengan sebenar – benarnya. Isi di Kolom NISN jika memiliki NISN dari sekolah sebelumnya.

Kemudian Klik Next di pojok kanan bawah untuk melanjutkan ke formulir selanjutnya.

  1. Calon Peserta Didik memilih pilihan sekolah.

Pilihan pertama memasukan SDN 014 Babulu. Pilihan kedua dan ketiga sesuai pilihan Calon Peserta Didik (usahakan pilih jarak sekolah terdekat). Klik Next untuk melanjutkan ke Formulir selanjutnya.

  1. Calon Peserta Didik mengupload Berkas. Dapat berupa Foto dari HP/File yang sudah disiapkan (KK dan Akte Kelahiran).

Klik Choose File untuk memilih Berkas. Klik Next untuk melanjutkan ke Tahap selanjutnya.

  1. Isi formulir isian yang tertera, termasuk alamat E-mail pribadi dan Nomor Handphone. Kemudian klik “Set Lokasi” untuk menentukan Lokasi Calon Peserta Didik Baru. Jangan lupa Klik pada Kotak untuk memberi tanda Centang Biru pada tulisan

“Dengan ini saya menyatakan bahwa telah mengisi formulir dengan sejujur-jujurnya…… .”

Klik tombol Finish untuk menyelesaikan Pendaftaran. Klik Previous untuk Kembali dan memeriksa  Formulir.

  1. Calon Peserta Didik akan menerima Tanda Bukti Pendaftaran.

Mohon untuk menyimpan bukti pendaftaran dengan cara Screenshot melalui HP.

Atau cek melalui kotak masuk di Email untuk mendownload Bukti Pendaftaran.

  • Operator atau Panitia PPDB Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Penajam Paser Utara memverifikasi dan validasi berkas yang sudah di upload/unggah.
  • Calon Peserta Didik mengecek status Verifikasi Berkas untuk mengetahui Diterima/Ditolak pada situs PPDB Online dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk memeriksa apakah Bukti Pendaftaran telah di verifikasi atau belum, silahkan Ketikan di Kotak “Cari Dengan NIK”.

Masukan NIK Peserta Didik di kolom tersebut, seperti contoh:

Dan akan muncul Status Pendaftaran Sudah Di verifikasi atau belum pada Keterangan “Status”.

  • Calon Peserta Didik yang telah diverifikasi mengecek Hasil Seleksi dan Pengumuman Hasil Seleksi Akhir sesuai jadwal.

Informasi lebih lanjut hubungi:

SDN 014 Babulu – Jl. Lobak RT.10 Dusun II, Sebakung Jaya, Babulu, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur

Leave a Comment